Sabtu, 29 Maret 2014

First Day at Work

Date: Monday, March 17, 2014

Well, ini adalah salah satu hari terbesar dalam hidup saya. Mengapa bisa begitu? Karena pada hari ini adalah hari pertama saya mulai bekerja di salah satu perusahaan asing yang cukup ternama di Indonesia. Ini adalah hari pertama yang sangat menentukan masa depan saya karena di perusahaan ini lah saya akan berkarir dan bekerja untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik Insya Allah. Ini adalah hari dimana mimpi-mimpi saya terdahulu ingin bekerja di salah satu perusahaan asing yang ternama akhirnya bisa terwujud. Mimpi seorang anak yang suka bermimpi suatu saat akan bekerja di perusahaan asing seperti pamannya yang sangat ia banggakan. Meskipun cita-cita terbesar saya adalah bisa bekerja di luar negri sesuai dengan skil atau kemampuan yang saya miliki.

Tapi mimpi untuk bekerja atau melanjutkan studi di luar negri baik itu di Eropa, di Amerika, atau di Negara-negara maju lainnya tidak akan pernah padam karena mimpi itu sudah terpahat mantap di dalam pikiran dan hati saya. Cahaya mimpi itu tidak akan pernah padam dimanapun saya berada sekarang. Karena mimpi itu yang akan membawa saya menjelajahi bumi Allah SWT. yang sangat luas ini. Mimpi yang akan mendorong saya melangkah keluar dari zona nyaman saya selama ini seperti katak dalam tempurung. Yaaa mimpi itu tidak akan pernah pudar sedikit pun meskipun sampai titik darah penghabisan saya akan mewujudkannya suatu saat kelak amin.

Ilustrasi Suasanan di Tempat Kerja

Kembali ke topik utama, dimana hari ini adalah hari pertama saya masuk kerja. Saya akan menceritakan segala hal hari pertama saya bekerja di perusahaan minyak ini. Saya diterima masuk bekerja di perusahaan juga melalui proses yang sama dengan yang lainnya. Saya memasukkan surat lamaran, CV, Ijazah dan lain-lain, kalian mungkin sudah tahu sendiri lah. Setelah itu proses wawancara yang tidak terlalu lama dan akhirnya langsung di terima di department IT perusahaan ini. Karena department ini sangat kebetulan membutuhkan satu posisi yang kosong karena ditinggalkan oleh karyawan sebelumnya yang saya tidak tahu alasannya kenapa.

Mungkin inilah nikmat dari Allah SWT. kepada saya yang memberikan saya kesempatan untuk bekerja diperusahaan minyak ini. Dan saya sangat bersyukur kepada Allah atas apa yang Dia berikan ini. Dimana begitu banyak lulusan sarjana sekarang yang mencari pekerjaan tapi Allah dengan kuasa-Nya mengasihani saya dan memberikan pekerjaan kepada saya. Meskipun latar belakang pendidikan saya berbeda dengan lahan pekerjaan saya sekarang namun itu tidak menutupi keahlian yang saya miliki sebagai ahli bahasa Inggris untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan ini. Karena tetap saja keahlian saya dibutuhkan untuk melayani klien-klien atau customer asing/bule yang memiliki masalah atau keluhan apapun dilingkungan perusahaan.

Kantor Utama Chevron di Pasir Ridge Balikpapan

Untuk di ketahui perusahaan minyak ini memiliki tiga cabang di Indonesia. Yaitu di Sumatera, Jakarta dan di Kalimantan tempat dimana saya bekerja sekarang. Nah di department IT ini bertugas mengurus segala kebutuhan dan fasilitas Teknologi Informasi yang dimiliki oleh perusahaan ini. Dari yang saya searching saya mendapat penejalasan tentang Managemen service teknologi informasi. Naha disini lah department saya memiliki tugas penting untuk memaintin dan mengelola sistem informasinya. Dan department saya bertugas melayani segala permintaan dan pertanyaan dari customer atau klien-klien di intern perusahaan sendiri.

Hari pertama ini tentu saja saya tidak langsung bekerja karena saya harus terlebih dahulu memahami tugas kerja dari department it. Sehingga hari pertama ini saya hanya diberikan tugas oleh coordinator IT (Pak Agus yang sangat ramah dan baik) untuk melihat-lihat teman-teman yang sudah berpengalaman bekerja. Saya hanya memperhatikan para service desk bekerja melayani para customer dengan sabar. Bagaimana metode mereka, apa yang mereka ucapkan kepada customer, pertanyaan-2 apa saja yang mereka dapatkan dari customer dan lain-lainnya.

Logo Chevron Corporation


Ini juga yang disebut masa training sebagai karyawan baru di perusahaan ini. Dan saya berharap dimasa training ini saya dengan cepat bisa beradaptasi dengan suasana kerja di kantor. Mungkin besok saya akan melanjutkan lagi lah. Udah ngantuk nih. Good Night. Assalamu alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar